Badan Karantina Pertanian
Profil
· Profil
· Tupoksi
· Visi dan Misi
· Struktur Organisasi

Layanan Pengaduan


Layanan Informasi


Form Pengaduan

Pengaduan


Menu Utama
  • Depan
  • Arsip Berita
  • Downloads
  • Feedback
  • Gallery
  • Kirim Berita
  • Kontak
  • Search
  • Topics
  • Web Links

  • Pencarian



    Hit
    Kami sudah menampilkan
    4603069
    halaman sejak Maret 2013

    Kunjungan Kerja ke Gubernur Sulawesi Tengah
    Dikirim oleh admin - pada Minggu, 31 Maret 2013

    “KUNJUNGAN BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS II PALU KE GUBERNUR SULAWESI TENGAH”

    PALU Pebruari 2013, Kunjungan Kerja kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Palu ke kantor Gubernur  Sulawesi Tengah pada tanggal 04 Pebruari 2013 untuk menemui Bapak Gubernur Drs.Longki Djanggola. MS.i merupakan Silahturahmi sebagai bagian dari etika birokrasi, sebagai salah satu pejabat yang menjalankan tugas di Sulawesi Tengah. Rombongan BKP Kls II Palu di Terima Oleh Gubernur di Ruang Pertemuan Gurbenuran Siranindi II Palu Sulawesi Tengah.Dalam kesempatan tersebut kepala BKP Kls II Palu Bapak Ir. Junaidi. MM juga memberikan apresiasi yang sangat baik kepada Bapak Gubernur dengan Terbitnya Buku “ SULAWESI TENGAH MEMBANGUN” Buku tersebut dapat memberi referensi BKP Kls II Palu untuk selalu ikut berperan aktif membangun Propinsi Sulawesi Tengah yang berkaitan dengan Tugas Pokok dan Fungsi BKP Kls II Palu.



    Ada tiga Program Sulawesi Tengah yang sangat berkaitan dengan Badan Karantina Pertanian, yaitu Program Revitalisasi di Bidang Pertanian, Program mendukung Agribisnis, serta Program Investasi dan Lingkungan. revitalisasi di bidang pertanian berkaitan erat karena Badan Karantina Pertanian meng- support program Kementerian dalam swasembada pangan dan swasembada berkelanjutan pertanian, sehingga Kementerian Pertanian juga dapat berperan dalam mendukung program Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah. Ir. Junaidi menjelaskan bahwa program BKP Kls II Palu mempunyai misi mendukung akselerasi ekspor daerah, seperti data yang di miliki oleh BKP Kls II Palu bahwa di Sulawesi Tengah merupakan salah satu pengekspor kakao biji dengan kualitas baik, agar terciptanya kelancaran ekspor BKP Kls II Palu memberikan percepatan pelayanan terhadap ekspor kakao, sehingga kakao kita di luar negeri dapat diterima oleh pasar luar negeri / internasional. Kenapa demikian? Sertifikasi yang dilakukan dapat menjadi jaminan di dalam perdagangan WTO karena di akui dalam standar SPS ( Sanitari & Phytosanitari).

    Sementara dalam program kelestarian lingkungan, ir Junaidi Menjelaskan bahwa Sulawesi tengah merupakan daerah memiliki potensi kekayaan alam yang harus dijaga kelestariannya, sekalipun memilki daerah yang kaya dan subur apabila di masuki hama penyakit hewan karantina (HPHK) dan Oragnisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) maka potensi tersebut akan sulit di pertahankan, Ungkap Ir. Junaidi.
    Sebagai contoh kasus kelestarian sapi Sulawesi Tengah yang surplus sesuai dengan data saat ini, Sulawesi Tengah menjadi penyuplai sapi ke Pulau Kalimantan dan daerah sekitarnya, missal sapi Sulawesi Tengah di masuki penyakit “JEMBRANA” pasti potensi peternakan sapi kita akan terkendala atau hancur. Yakin saja apabila penyakit tersebut masuk akan sangat sulit untuk kita kendalikan atau pemberantasannya, jelasnya.
    Kepada Gubernur Longki Djanggola, Ir. Junaidi menyampaikan bahwa BKP Kls II Palu yang tugas dan fungsinya mencakup Propinsi Sulawesi Tengah bertugas untuk mencegah masuk dan tersebarnya hama penyakit hewan maupun tumbuhan dari luar negeri dan dari suatu area ke area lainnya di dalam negari atau keluarnya dari NKRI. Jelasnya.
    Respon Positif dari Gubernur Drs.H.Longki Djanggola. MSi yang baik dan memberikan apresiasi terhadap Tugas – tugas BKP Kls II Palu, menurut gubernur melalulintaskan hewan dan tumbuhan antar daerah dilarang, membawa jenis hewan dan tumbuhan harus ijin dulu kepada karantina, sehingga gubernur berharap kepada BKP Kls II Palu agar menegakkan peraturan sebagaimana di atur dalam undang – undang perkarantinaan, Gubernur Longki Djanggoala menegaskan, siapapun orang atau badan hukum yang melanggar UU no 16 tahun 1992, maka BKP Kls II Palu dipersilahkan untuk bertindak tegas. Jelasnya”
    Pada acara tersebut kepala BKP Kls II Palu juga Memberikan Cinderamata berupa Plakat dan Informasi ”Media Quaranta” yang memuat berita “Kunjungan Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggoal. MSi di Stand BKP Kls II Palu pada Pameran Hari Pangan Sedunia ( HPS ) yang Ke – 32 tahun 2012. (Dwi –dwez)



    KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA
    Copyright © Balai Karantina Kelas II Palu 2013